Social Icons

Rabu, 12 Juni 2013

KISAH CANDI Borobudur Dan Nabi Sulaiman as ?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Membaca judul diatas, tentu banyak orang yang akan mengernyitkan dahi, sebagai tanda ketidakpercayaannya. Bahkan, mungkin demikian pula dengan Anda. Sebab, Nabi Sulaiman AS adalah seorang utusan Allah yang diberikan keistimewaan dengan kemampuannya menaklukkan seluruh makhluk ciptaan Allah, termasuk angin yang tunduk di bawah kekuasaannya atas izin Allah. Bahkan, burung dan jin selalu mematuhi perintah Sulaiman.
Dalam bukunya, Matematika Islam 3 (Republika, 2009), KH Fahmi Basya menyebutkan beberapa ciri-ciri Candi Borobudur yang menjadi bukti sebagai peninggalan putra Nabi Daud tersebut. Di antaranya, hutan atau negeri Saba, makna Saba, nama Sulaiman, buah maja yang pahit, dipindahkannya istana Ratu Saba ke wilayah kekuasaan Nabi Sulaiman, bangunan yang tidak terselesaikan oleh para jin, tempat berkumpulnya Ratu Saba, dan lainnya.

Dalam Alquran, kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Saba disebutkan dalam surah An-Naml [27]: 15-44, Saba [34]: 12-16, al-Anbiya [21]: 78-81, dan lainnya. Tentu saja, banyak yang tidak percaya bila Borobudur merupakan peninggalan Sulaiman ?
Pengantar
Masa lalu memang penuh misteri. Banyak orang meyakini bahwa Candi Borobudur sebagai peninggalan Dinasti Syailendra pada abad 8 masehi. Namun hal itu dibantah oleh KH. Fahmi Basya. Ahli matematika Islam ini meyakini bahwa Borobudur sangat terkait erat dengan sejarah Nabi Sulaiman. Borobudur adalah peninggalan Ratu Saba’ seperti yang diceritakan dalam Al-Quran. Buku ini bukan karya sehari dua hari disusun. Tulisan ini sudah ditulis dengan sangat serius selama puluhan tahun; sejak tahun 1979 hingga 2012. Dalam buku ini penulis menjelaskan dengan sangat detail dan ilmiah bukti-bukti bahwa Borobudur adalah peninggalan Ratu Saba’. Ada 40 bukti eksak yang dijelaskan. Salah satu bukti paling kuat dan belum bisa dibantah adalah ditemukannya surat dari Nabi Sulaiman bertuliskan “Bismilllahirrahmanirrahim” di atas sebuah plat emas di dalam kolam pemandian Ratu Saba’ (Ratu Boko) di daerah Sleman, Jawa Tengah.
Borobudur Peninggalan Islam ?
Menurut literatur yang ada, candi Borobudur adalah sebuah candi Budha. tapi lain halnya menurut pak Fahmi Basya, Candi Borobudur adalah sebuah peninggalan Islam, tepatnya peninggalan Nabi Sulaiman ribuan tahun yang lalu. Tidak main-main, pak Fahmi Basya melakukan penelitian selama 35 tahun dan bukti yang didapat sangat kuat dan juga hasil penelitian tersebut didukung dalil didalam ayat-ayat Al-Quran. Dalam membaca Sejarah Candi Borobudur Versi Islam, Ada baiknya anda juga membaca : Kisah Nabi Sulaiman di Tanah Jawa.
Menurut cerita yang dipaparkan, Candi Borobudur terletak di daerah kekuasaannya Nabi Sulaiman. Nabi Sulaiman adalah nabi yang diberi mukjizat bisa berbicara dengan hewan, juga dapat memerintah jin dengan ijin Allah. Ada seekor burung yang menghilang ketika dicari oleh Sulaiman, burung itu adalah burung Hud-Hud. Sewaktu Sulaiman bertemu dengan burung tersebut, maka burung Hud-Hud melaporkan sebuah alasan yang kuat kenapa ia menghilang dari Sulaiman. Alasan tersebut sekaligus meredam kemarahan Sulaiman atasnya. Sewaktu menghilang Burung Hud-Hud melintasi sebuah negeri, yaitu negeri Saba’ dan para penduduknya menyembah selain Allah, yaitu menyembah Matahari. Juga ada seorang ratu yang menjadi pemimpinnya.
Nabi Sulaiman pun memaklumi alasan tersebut kemudian menyuruh burung Hud-Hud untuk menyampaikan sebuah surat yang ditujukan kepada ratu Saba’, ratu yang menjadi pemimpin negeri Saba’. Surat itu tak lain adalah surat agar Ratu dan penduduk negeri Saba’ bertaubat dan berserah diri kepada Allah. Ratu Saba’ pun kemudian bertabat dan berserah diri. Nabi Sulaiman pun memerintahkan jin untuk memindahkan singgasana ratu Saba ke istananya Sulaiman dalam waktu sekejap sebelum ratu Saba’ datang ke Sulaiman. Singgasana ratu Saba’ adalah singgasana ratu Boko yang ada di Sleman, Yogyakarta, dan dipindahkan ke atas Borobudur di Magelang. terbukti di Istana Ratu Boko ada singgasana yang hilang serta sisa-sisa bangunan tempat berkumpul untuk menyembah matahari. jadi Borobudur itu adalah sebuah bangunan buatan jin atas perintah Nabi Sulaiman. Dari segi relief pun banyak yang menggambarkan cerita Nabi Sula
Sungguh tidak banyak yang mengetahui bahwa simbul-simbul Islam banyak ditemukan di Borobudur. Karena sudah sejak lama, borobudur menjadi klaim hindu/budha. Ekspedisi Melintas Dua Shubuh bersama KH Fahmi Basya sungguh menakjubkan. Hasil penelitian beliau telah menemukan adanya indikator-indikator bahwa kisah Nabi Sulaiman dan ratu Saba ada di Borobudur dan Ratu Boko. Sleman berasal dari Sulaiman. Wonosobo berasal dari Hutan (ratu) Shaba. Lihat pula relief-relief di sekitarBorobudur, disana sarat dengan cerita-cerita Nabi Sulaiman seperti burung Hud-hud, Tabut dan lain-lain. ImanCandi Borobudur
Adanya phenomena angka 19 di Candi Borobudur. Adapun mengenai phenomena angka 19 itu terdapat di dalam Alqur’an berasal dari kalimat Bismillaahirrahmaanirrahiim yang terdiri dari 19 huruf. Kalimat Bismillaahirrahmaanirrahiim ini yang memperkenalkannya kepada kita adalah nabi Sulaiman As. ketika beliau berkirim surat kepada Ratu Saba’
Kop Surat dari Surat nabi Sulaiman As itu adalah kalimat Bismillaahirrahmaanirrahiim .
Isi suratnya adalah: ” Alla ta’luu ‘alaiyya, wa’tuunni muslimiin ” Jangan menyombong kepadaku dan datanglah kepadaku dengan berserah diri ). Dan perlu diketahui surat itu sampai sekarang masih ada yaitu di Musium Nasional berupa lempengan emas bertuliskan Bismillah, surat itu awalnya ditemukan dikolam dekat Candi borobudur.Lempengan emas bertuliskan kalimat ‘Bismillah”
Jadi, dapat dikatakan bahwa phenomena 19 itu sudah diketahui oleh Nabi Sulaiman As. Oleh sebab itu di Candi borobudur ada phenomena 19.

Tuntutlah Ilmu ke Negeri  Cina atau Syain ?
 Mari kita bangkit dari tidur panjang, kitalah pewaris negri hebat itu. Tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negri Syain, adalah rekomendasi yang disampaikan Nabi Muhammad SAW untuk seluruh umatnya.
Negri hebat itu adalah negri kita, Indonesia.
Sayang …, hanya karena candi Borobudur adalah candi Budha, kita menjadi BUTA, bahwa candi Borobudur adalah hasil karya bangsa kita yang kebetulan beragama Budha (?) (masih perlu pembuktian lagi untuk menyebut para pembangun candi Borobudur beragama Budha).
Saat ini Negri Syain oleh kebanyakan orang termasuk Ulama diartikan sebagai Negri Cina. Benarkah demikian ?.
Berikut argumen yang membantah bahwa negri Syain adalah Negri Cina. Yang lebih tepat negri Syain adalah negri Syailendra di Pulau Jawa, INDONESIA .

1. Tinjauan menurut Waktu
Lahirnya Agama Islam semasa dengan berdirinya candi Borobudur, abad 6 akhir atau abad 7 awal. Ketika Nabi Muhammad merekomendasikan Negri Syain bagi umatnya untuk menuntut ilmu pasti didasari pengetahuan yang seumur dengan beliau. Suatu hal yang mustahil bila beliau menyarankan untuk belajar kepada seseorang yang lahir di negri Syain 1500 tahun lagi. Juga mustahil beliau menyarankan untuk belajar kepada seseorang yang lahir di negri Syain 1500 tahun yang lalu. Hal ini menguatkan dugaan bahwa Negri Syain yang dimaksud nabi Muhammad adalah Syailendra di Pulau Jawa, bukanya negri Cina.

2. Tinjauan menurut Hubungan Relegius
Borobudur merupakan miniatur Al-Quran, Borobudur berceritera tentang hal yang bersesuaian dengan Al-Quran dengan cara yang berbeda. Al-Quran berceritera tentang suatu hal dengan bahasa syair, sedang Borobudur bercerita tentang hal yang sama dengan bahasa teater dalam bentuk Relief.

· Puncak Borobudur dengan satu Stupa besar, disekelilingnya terdapat relief yang menggambarkan ceritera yang bersesuaian dengan Surat ke 1 (satu) di Al-quran.
· Lantai dua dari atas terdapat 8 (delapan) Stupa, disekelilingnya terdapat relief yang menceriterakan suatu hal yang bersesuaian dengan Surat ke 8 (delapan) di Al-Quran
· Lantai tiga dari atas terdapat 16 (enam belas) Stupa, disekelilingnya terdapat relief yang menceriterakan suatu hal yang bersesuaian dengan Surat ke 16 (enam belas) di Al-Quran
· Lantai empat dari atas terdapat 32 (tiga puluh dua) Stupa, disekelilingnya terdapat relief yang menceriterakan suatu hal yang bersesuaian dengan Surat ke 32 (tiga puluh dua) di Al-Quran
· Lantai lima dari atas terdapat 64 (enam puluh empat) Stupa, disekelilingnya terdapat relief yang menceriterakan suatu hal yang bersesuaian dengan Surat ke 64 (enam puh empat) di Al-Quran
· Lantai enam dari atas (lantai dasar) terdapat 72 (tujuh puluh dua) Stupa, disekelilingnya terdapat relief yang menceriterakan suatu hal yang bersesuaian dengan Surat ke 72 (tujuh puluh dua) di Al-Quran

Dari kesesuain relief Borobudur dengan Al-Quran diatas, rasanya lebih masuk akal bahwa negri Syain yang dimaksud nabi Muhammad SAW adalah negri Syailendra

3. Tinjauan menurut Kondisi Sosial
Kondisi Sosial Negeri Cina saat awal lahirnya Agama Islam sedang dalam keadaan kacau karena perang saudara. Mustahil Nabi Muhammad menyarankan untuk belajar ke negri yang sedang kacau balau oleh perang saudara. Kalau saat ini tahun 2007, ada orang yang menyarankan untuk belajar ke: Irak, Afganistan atau Lebanon, pasti orang itu akan ditertawakan orang sedunia. Pada saat itu Negri Syailendra berada dalam keadaan makmur sejahtera. Tidak salah kalau nabi Muhammad merekomendasikan sebagai negri rujukan menuntut ilmu.

4. Tinjauan menurut Kemajuan Budaya
Dari catatan sejarah negri Syailendra memiliki keunggulan budaya dibandingkan dengan negri Cina. Syailendra memiliki peninggalan yang menunjukkan seberapa tinggi “budaya” nya saat itu.
Pembangunan Borobudur memakan waktu lebih dari seratus tahun, diketahui dari umur batu di dasar candi berbeda 104 tahun lebih tua dari batu yang terdapat di puncak candi. Hal ini menunjukkan bahwa negri Syailendra punya tenaga-tenaga ahli yang mengorganisir proyek raksasa baik besarnya bangunan, banyaknya orang yang terlibat pembangunannya dan lama pengerjaannya. Tanpa perencanaan yang luar biasa rapinya, mustahil Borobudur berdiri. Struktur bangunan candi yang demikian besar membutuhkan pengetahuan teknik bangunan yang sangat rumit, bahkan ketelitian lingkaran yang ada di borobudur lebih kecil toleransi ukurnya dibandingkan dengan Theodolit modern.
Belum lagi pengetahuan metalurgi pembuatan keris, pada abad ke 7 negri Syailendra sudah menguasai teknik peleburan Titanium bahan pamor keris. Dan masih banyak bukti ketinggian budaya negri Syailendra yang lain

5. Tinjauan menurut Letak Geografis
Negeri Cina dan Jazirah Arab terhubung lewat darat, hanya dengan berkendaraan onta atau kuda saja sudah bisa sampai. Tidak meng- gambarkan kesulitan yang harus ditempuh untuk menuntut ilmu. Negri Syailendra terdapat di Pulau Jawa. Harus mengarung lautan yang luas dan ganas, tanpa kemauan dan perjuangan yang luar biasa berat tidak mungkin sampai. Wallah ‘Alam Bishawab
JAKARTA  20/3/2013

136 komentar:

  1. Era Nabi Sulaiman AS mungkin ribuan tahun sebelum Rasulullah SAW,
    Era Nabi Muhammad c.1400 tahun yg lalu,
    Candi Borobudur dibuat c. 1100 tahun lalu,
    Bagaimana Borobudur peninggalan Sulaiman?, bingung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sma km
      Lgian dalm al quran bukan ratu saba
      Tapi ratu Bilqis dari saba dekat daerah yaman,,,,
      Ni trlalu mngada ada yg bkn artikel

      Hapus
    2. Candi Borobudur dibuat c. 1100 tahun lalu,

      BUKTI ILMIAHNYA APA MAS BROO.

      Hapus
    3. Hei linor anastasya, kalo hanya sok tahu doank jangan komentar lah

      Hapus
    4. Saya sangat percaya kalo borobudur itu adalah peninggalan nabi sulaiman. di al_quran gak ada nama RATU Balqis. tapi hanya ada seorang ratu yang menyembah matahari dari negeri saba.
      dan buat kalian yang gak percaya , baca buku borobudur dan peninggalan nabi sulaiman oleh KH fahmi basha. banyak bukti kok.. jadi yang gak tahu lebih baik fahami... saya orang islam jadi saya sangat percaya

      Hapus
    5. ikha untuk apa nabi sulaiman membangun patung..!! bukannya nabi adam sampai nabi muhammad saw. sangat membenci patung!!!

      Hapus
    6. Saya setuju mas Muhammad Jabir.

      Hapus
  2. niat banget ya bikin hoax..

    secara lho ya. tadi bilang borobudur dibuat zaman nabi Sulaiman. Terus bilang kalo Nabi Saw menganjurkan belajar ke syailendra (yang jelas2 pada masa itu adalah kerajaan Buddha, n bukan lagi berada di zaman nabi Sulaiman).
    N lagi dari usia batu yang dipakai aja sudah bisa ditelaah zaman pembuatannya, sinkron atau ga dengan riwayat nabi Sulaiman di kitab2 suci?
    N lagi, fakta bahwa nabi Sulaiman AS adalah putra mahkota Nabi daud yang jelas-jelas berkuasa di negeri yang sekarang disebut Israel.
    Masa Nabi Daud punya permaisuri orang Jawa?
    masa Nabi Daud berkuasa di timur tengah, tapi putra mahkotanya malah disuruh memerintah di Jawa?
    masa nabi Daud juga orang Jawa?
    gimana kalo sekalian aja bilang kalo Nabi Muhammad SAW juga dari Jawa?
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya,kita yang lahir di negara indonesia ini bersyukur, karena tak ada duanya. Negara yang memang punya banyak kelebihan ( pikir sendiri aja ).
      Yang pantas jd rebutan negara2 lain. Termasuk Amerika,,,,
      Semangat ke "Bhinneka Tunggal Ika" an, harus lebih di tingkatkan. I LOVE YOU INDONESIA,,,,,,,

      Hapus
    2. Is@ bisa jadi Lho? Nabi Muhammad kan sebelum jadi nabi suka bertapa di Gua Hira? nah.. yang punya kebiasaan bertapa kan orang jawa?? ( perlu penelitian lagi nih.. )

      Hapus
    3. baca dulu berooo bukunya. pasti percaya...
      budha kan agama yang mengada-ada,,,
      pikir pake logika ,, kalo orang percaya pada al-quran pasti percaya kok candi borobudur itu peninggalan nabi sulaiman... tulisan SABA hanya ada di al-quran. dan setelah di teliti tidak ada negeri manapun yang punya nama SABA, selain JAWA. dan tidak ada buah yang pahit rasanya slain di JAWA, yang di dalam al-quran di jelaskan buah pahit ( buah mulut / cerita) , buah di jawa yang rasanya pahit itu namanya Buah maja , majapahit.

      Hapus
  3. Bisa jadi, NUH ketika membuat perahunya dia harus membutuhkan kayu berkubik kubik, dari mana nabi nuh dapat kayu kayu itu, bisa jadi indonesia yg banyka hutanya itu kang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh nabi Nuh ikut pembalakan liar....ngawur lu kang wakakaka....

      Hapus
    2. wkwkwk. pembalakan beda jaman sekarang dan dulu paijoe. ngawurjuga lo kang.

      Hapus
    3. Nabi Nuh di Jawa Timur & kapalnya terbuat dari kayu jati berkapur Itu hasil riset dari gabungan peneliti china dan turki membuktikan

      Hapus
    4. Emang kapanya nabi Nuh udah ketemu...?
      Kalau ketemu.... berapa basar ukuran kapal nabi Nuh.
      Padahal satu sisi kapalnya kalau di ukur dng jalan kaki... itu bisa di tempuh selama 40hari.
      Yg di sebutkan peneliti china & turki ora masuk akal...

      Hapus
  4. Oh ya.. Mungkin nabi Yunus ditelan ikan di Raja Ampat atau Bunaken

    BalasHapus
  5. Nabi Sulaiman nabinya orang Yahudi kan. Woooww, hebat bener orang-orang yahudi itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. goblok lu ,, lu ngaji gak ,, udah tau nabi ,, punya nabinya lg mna

      Hapus
  6. untung otak gue gak kepake, jadi kagak perlu pusing mikirin nih postingan....

    BalasHapus
  7. jadi ini hoax ya?? wah kasian ya riset 35 tahun tapi belum bisa mematahkan sejarah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah ada orang sok tahu lagi bernama AnisacitA, kalo gk tahu duduk persoalannya jangan komentar lah, komen loe mentah banget

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  8. Lucu....lucu.... bisa bikin ngakak teori dan komentarnya, lucunya bisa kalahkan olga ama thukul ....mungkin juga orang-orang sleman adalah keturunan nabi sulaiman....mereka punya hak juga ...lho disebut kaum sleman ...alias kaum sulaiman..ha...ha...ha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dasar agung pamudji sok tahu asal njeplak nggak pake otak dasar orang awam

      Hapus
  9. tolong dong pembuktian yang lebih realistis. jangan cuman di kait2an dan mumpung mirip namanya. dan mohon maaf sebelumnya, antum atas dasar apa menolak tafsiran para ulama zaman dulu yang keimanannya jauh di atas kita ? dan pembuktiannya juga jangan postingan aja, tapi berupa bukti yang nyata.

    syukron.

    BalasHapus
    Balasan
    1. atas dasar apa juga antum percaya para ulama kalo itu negeri cina?
      Paling cuman sebatas percaya doank karena yang mengatakan adalah ulama. antum cuma bisa jadi pengikut doank sih gak tau benar atau salah pokoknya yang dikatakan ulama selalu antum anggap benar meskipun antum sendiri gak tahu alasanya

      Hapus
  10. Tapi tidak menutup kemungkinan juga gan,,Tuhan Чǝлб menciptakan tuhan pula Чǝлб akan menjaganya, sebuah ayat teraplikasikan dlm wujud kebendaan pasti juga akan terjagaNya. Ini juga sebuah tesis KH Fahmi basya Чǝлб menurut saya sudah membangunkan para pemikir untuk tdk tidur & tdk pasrah pada kejumudan.

    BalasHapus
  11. cerita yang bagus..dan aku jadi merenung kisah di daerahku..kisah kalau dihubungkan dengan sejarah..pasti sejarah indonesia pasti berubah..daerahku bernama banggai, dulu disini pernah berdiri kerajaan benggawi dan salah satu kerajaan yang pernah di tundukkan oleh kerajaan majapahit..yang anehnya ada satu makam se orang muslim berjulukan tanduwalang..tanggal wafatnya tertera di nisannya..yang tanggal tersebut lebih tua tertulis disitu dari prasasti kutai manca negara....sehingga timbul praduga bahwa islam itu telah ada pada saat itu..jadi pertanyaan kenapa di tempat lain beragama hindu???

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  13. "Menurut literatur yang ada, candi Borobudur adalah sebuah candi Budha. tapi lain halnya menurut pak Fahmi Basya, Candi Borobudur adalah sebuah peninggalan Islam, tepatnya peninggalan Nabi Sulaiman ribuan tahun yang lalu."
    Menurutku borobudur memang bukan peninggalan islam tapi peninggalan budha,, tapi mungkin sebelum ada islam kristen adalah agama yang haq (jaman nabi isa) sebelum ada kristen pun yahudi juga agama yang haq (jaman nabi musa) dan apa mungkin sama hal nya juga dengan budha pada jaman nabi sulaiman adalah agama yang haq??

    BalasHapus
    Balasan
    1. yahudi dan nasrani ada didalam alquran, selain itu tidak ada agama yang lain lagi

      Hapus
    2. Masih ada satu lagi bro yaitu umat nabi daud..... Selain taurat (yahudi) injil (nasrani) dan Al quran(islam) masih ada satu kitab lagi yang diturunkan Allah SWT yaitu zabur(.......) kepada nabi daud ayah dari nabi sulaiman... dan kita tidak tau umat nabi daud itu umat apa... apakah termasuk yahudi atau bukan... Wallahu Allam....

      Hapus
  14. ilmu berandai-andai di atasnamakan ilmiah, lama2 gila km terlalu fanatik ama ilmiah agama yx ga msuk akal trlalu d paksakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas .. lu Baca setengah-setangah si jadi Komenlu ngga berbobot , lu baca dong ..., di Al-Qur'an .., Al-Qur'an Mustahil, Bohong. begitupun sejarah yang di tulis di Al-qur'an .., lu jadi profesor dulu ..,baru lu tau .., klo semua ciptaan di Bumi .., udah di terangon di Al-Qur'aN NGERTI !!!!

      Hapus
    2. mas bro ente baca yg lengkap donk, baru koment, biar komenya ilmiah juga

      Hapus
  15. Kebanyakan Penggikut DADJAL yang komentarnya ga bisa menghargai pendapat orang lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul2,,,,,,,mereka sebenarnya mengetahui,,,tetapi mereka ingkar,,sperti lahirnya rasulullah,,sudah ada di injil.taurat,dan zabur,,,sebelum alquran,,,gmana tu menurut kamu wahai orang2 yg ingkar,,apakah maSih mau membantah bahwa alquran adalah penyempurna kitab2 terdahulu,

      Hapus
  16. Jangan Asal komentar bro ,, beliau meneliti Berdasarkan petunjuk dari Al-qur'an. jadi jagn asal bacot lho,,, !!!!

    BalasHapus
  17. begini klo orang indo berdebat, bicara sejarah tapi gak tau sejarah .. pertama sudah jelas di Alquran dijelaskan bahwa nabi sulaiman itu berada di Bani israel dan Ratu Balqis itu berada di Yaman itu menruut tinjauan geografis .. dan kedua sebenarnya apapun cerita sejarah candi borobudur atw nabi sulaiman ada satu kesamaan yaitu sebuah pembuktian dari seseorang akan mencapai sesuatu tujuan yang ingin di capai walaupun dalam akal sehat itu mustahil .. manusia tugasnya berusaha ikhtiar, masalah sukses dan berhasil itu sudah urusan allah swt ..

    jadilah kita selalu menjadi golongan orang ahli hikmah Amien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendapat ulama tidal selalu benar karena ulama juga manusia biasa

      Hapus
    2. Hasil penelitian juga belum tentu benar.... karna peneliti juga manusia biasa.

      Hapus
  18. Dan dijelaskan pula dalam alquran ciri2 kerjaan yang sudah dipindahkan oleh nabi sulaiman
    "Dikatakan kepadanya: 'Masuklah ke dalam istana.', maka tatkala dia melihat lantai istana itu, dikiranya kolam air yang besar, dan disingkapkannya kedua betisnya. Berkatalah Sulaiman: 'Sesungguhnya ia adalah istana licin yang terbuat dari kaca.' Berkatalah Balqis: 'Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah berbuat lalim terhadap diriku dan aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Tuhan semesta alam.'" (QS. an-Naml: 44)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya istana terbuat dari kaca? bukan dari batu?

      Hapus
    2. itu kan menurut lo ...,, lu liat dong relief borobudur .., ada gambar .., ratu Bilqis mengangkat .., kainnya ..

      Hapus
    3. sory bos gw ralat itu bukan menerut gw, Al quran yang mengatakan seperti itu .. bukan istananya tapi lantai nya terbuat dari kaca ..

      Hapus
    4. Saya setuju kisah nabi sulaiman tu dengn bani israel
      Karena nabi sualiman adalh raja bani israel krjaan ny bkn d nusantra
      Kisah asli ny memng dalm al quran

      Hapus
    5. Ente harus banyak belajar, nabi daud mengutuk orang kafir dari bani Israel bahkan isa putra maryam juga mengutuknya jadi gk mungkin kerajaan daud diwariskan Oleh bani Israel jadi nabi sulaeman juga bukan berasal dari bani israel, belajar alquran dulu! Jangan banyak komentar

      Hapus
  19. sebagai orang awam yang membaca artikel ini menyarankan, alangkah baiknya yang komentnya ga enak dibaca, mending cari literaturnya dulu....baca dan ikuti perjalanan penelitian KH Fahmi Basya....sudah banyak buku2 karangan beliau dijual di toko buku baru kemudian komentar, mudah2an dibukakan hati dan pikirannya....tidak ada kebenaran versi manusia yang hakiki....pun dengan sejarah yang telah banyak kita dapatkan di bangku sekolah selama ini, bukanlah kebenaran mutlak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini lah demokrasi .. pelangi tidak akan indah jika dia hanya satu warna, maka beragam warna lah yang menjadi keindahan suatu pelangi, semua orang boleh berpendapat dan berkomentar .. jika suatu artikel di postkan di media publik maka berangkat dari itu penulis harus sudah siap dikritik, dipuji ataupun dikoreksi tq

      Hapus
    2. Dan sebenarnya bukan masalah artikel2 KH Fahmi Basya sudah banyak atau bahkan sudah menjadi buku2 yang banyak dijual, tetapi artikel khusus hal ini, itu bisa berdampak sangat buruk bagi kelangsungan 2 agama .. kenapa bisa seperti itu? contoh hal analogi dari kasus ini, bagaimana jika Para Kaum Yahudi melakukan riset seperti KH Fahmi Basya dan membuat artikel tentang bahwa Kabbah itu adalah peninggalan kaum mereka? terus apakah sikap kaum muslim menyikapinya? anda sendiri yang tau jawabannya .. begitupun umat buddha .. karena bahwasannya siapun yang melakukan fitnah / provokasi / mengompori suatu masalah yang menjadikan suatu pertikaian / perang tidak lain dosanya membunuh umat sendiri ..

      Hapus
    3. Semua nabi yang diutus Allah di muka bumi ini adalah islam... termasuk Nabi Sulaiman. cm syariat yang diterapkan oleh masing2 Nabi itu berbeda-beda... dan semua syariat nabi terdahulu ada didalam AlQur'an.

      Hapus
  20. yg berilmu ya ngalah mas. yg gak berilmu juga jangan coba" ikut nimbrung diforum ini, blum waktunya kalian berfikir disini karna masih ada yg berhak kalian fikirkan, fokus lah di situ dulu, kalu sudah lewat dan benar" sudah waktuNya baru kesini . Orang bodoh yg ingin terlihat pintar itu slalu ada mas stiap zaman, jadi jangan di perdulikan yo mas itu nikmat kok dan terus lanjutkan penelitiannya, Insya Allah Billah mas

    BalasHapus
  21. Orang stress. Cocoknya utk canda kok diseriuskan. Spt nabi nuh ternyata org jawa krn utk bikin kapal seebsar itu perlu hutan besar. Hutan besar di negri tropis hutan jati indonesia. Hutan jati itu di jawa. Jd nb nuh itu klao bukan org brebes ya tegal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakaka....bukan kayu jati mas tapi kayu pulai dari papua kan nama lengkapnya Nuh Agath Mbumbai pembuat perahu asal Jayapura...

      Hapus
  22. Wahhh __- aku jadi bangga jadi orang jawa ___ :D

    nice posting gannnn mkch eo ,,...

    BalasHapus
  23. Jika ada waktu, cobalah datang ke candi Borobudur gan, coba telaah apa yang telah dipaparkan KH Fahmi Basya. Jadi bisa mengetahui kebenarannya.

    BalasHapus
  24. Jangan pada so pinter kalo kaga tau sejarah nya,,

    BalasHapus
  25. Apaa yangg ditulis di Alqur'an,mustahil bohongnya,,wallohua'lam atas kebenaran penelitian bapak Fahmi,, tapii ygg pasti demi membuka pola pikir manusia muslim,, adaa baiknya mempelajari tidak hanya satu teori,, dann saya dukung penelitian bapak,agar muda mudi semakin pintar menggunakan akalnya,, karena ke'imanan dan ketaqwa'an itu hanya bagi orang2 yangg berfikir,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju dengan pendapat yuann,

      Hapus
    2. hampir rata2 dari kita dalam memeluk suatu agama 70 % mengikuti agama orang tua kita. tanpa kita melakukan penelitian terlebih dahulu, kadang hujatan atau apapun bentuknya sering kita terima karena mereka tidak siap dengan perubahan yg ada, dan orang yg tidak bisa menerima pendapat orang lain atau malah menertawakannya itu hal yg biasa, mari kita sama2 menggunakan akal pikiran kita, Tidak jarang terdapat salah faham di antara kita di sebabkan kita memandang suatu masalah dari sudut yg berbeda..... itu lumrah terkadang pula maksud pembicaraan kita kemana tapi di jawab kemana juga alias ga nyambung...itupun biasa... tak jarang pula maksudnya sama niatnya sama juga baik tapi masih berdebat ini yg lucu.... wkwkwkwkwkk.... (ketawa dulu biar ga terlalu serius) pada akhirnya cuma Allah yg maha tahu apa2 rahasia yg ada di langit dan di bumi ....setelah membaca postingan ini sy pun jadi ikut penasaran dan ikut melakukan penelitian kecil2an dan sy memberikan kesimpulan memang sedikit banyak bukti2 yg di berikan sedikit masuk akal tapi belum seluruhnya membuktikan kebenaran teori ini seandainya benar Nabi Sulaiman pernah di sini dan kita Indonesia di sebut negeri SABA sy agak bangga juga.. tapi itu semua kembali kepada kebenaran yg sesungguhnya.... trims

      Hapus
    3. Tambahan mungkin dapat membantu:

      Beberapa sejarah di Indonesia terdapat kejanggalan di sebutkan bahwa penjajah datang ke Indonesia karena rempah2 (Belanda,Portugis,Inggris Jepang dll)

      ini menurut sy tidak mungkin (pasti ada sesuatu yg lebih besar dari sekadar rempah2)

      pada tahun 1992 PT Free Port menemukan tambang emas di Irian Jaya ..... bukan sekedar tambang biasa tapi BUKIT PENUH EMAS yg sekarang sudah habis di ambil bahkan BERUBAH MENJADI LEMBAH silahkan cari di google.

      Kemudian di sebutkan pengarang cerita Ramayana adalah Walmiki.. (sy dulu di suruh menghafal sama guru.. wkwkwkwkwk) namun ternyata tidak hanya Walmiki masih ada 2 orang lagi pengarang cerita Ramayana

      Di India sendiri, selain Valmiki Ramayana dijumpai kurang lebih tiga ratusan versi Ramayana dengan pengarang berbeda,

      kejanggalannya adalah Candi Prambanan di buat lebih dulu ..jauh sebelum Walmiki ada ....
      kalau kita sedikit teliti ceritanya mengacu pada RELIEF di Candi Prambanan di situ anda bisa melihat langsung di mana selain kisah Rama dan Shinta terdapat pula seekor burung bernama Jatayu (versi Ramayana)
      Bisa jadi cerita sesungguhnya bukanlah demikian

      Pada kisah Nabi Sulaiman juga terdapat Burung (Hud-hud) dan di kisahkan Nabi Sulaiman dapat berbicara dengan seluruh binatang dan bahkan dengan bangsa Jin,

      Kembali kita lihat Relief Candi Prambanan ...terlihat di sana tidak hanya burung tapi ada banyak binatang seperti kijang, monyet, gajah dll bahkan ada yg menyerupai raksasa (Jin)

      terlepas dari itu semua sy pernah pergi ke sana Prambanan dan Candi Sewu ... di sana berkembang sebuah cerita atau dongeng yg entah asalnya darimana ...mengisahkan tentang Candi Sewu (berusia lebih tua daripada Candi Prambanan). Meskipun aslinya terdapat 249 candi bukan seribu (sewu) dan terdapat candi yg belum selesai di bangun..

      Seperti ini kisahnya

      Dahulu kala ada seorang raja bernama Prabu Boko yang memerintah di Prambanan. Prabu Boko adalah seorang raksasa yang sakti. Ia mempunyai seorang puteri yang bernama Roro Jonggrang. Roro Jonggrang sangat cantik.

      Berbatasan dengan kerajaan Boko ada sebuah kerajaan bernama Pengging. Pada suatu hari raja Pengging ingin memperluas wilayah kerajaannya, maka ia mengutus puteranya, Bandung Bondowoso memimpin pasukan menyerang kerajaan Prambanan. Bandung Bondowoso berhasil mengalahkan pasukan Boko bahkan membunuh raja Boko.

      Bandung Bondowoso pun tinggal di istana Prambanan. Ia jatuh cinta kepada Roro Jonggrang dan meminta gadis itu menjadi permaisurinya. Roro Jonggrang tidak ingin menjadi isteri Bandung Bondowoso yang telah membunuh ayahandanya. Ia mencari akal agar dapat menolak pinangan pangeran Pengging itu dengan halus.

      Akhirnya ia menemui Bandung Bondowoso dan berkata, “Aku mau menjadi isterimu, tetapi sebagai syaratnya engkau harus membuat dua buah sumur dan seribu candi dalam waktu semalam.”Meskipun syarat yang diajukan Roro Jonggrang mustahil dipenuhi orang lain, Bandung Bondowoso langsung menyanggupinya. Ia mengumpulkan makhluk-makhluk halus yang menjadi anak buahnya dan mulai menggali sumur dan membangun candi.

      Bandung Bondowoso dan anak buahnya bekerja dengan sangat cepat. Dalam waktu singkat mereka sudah menyelesaikan sebuah sumur dan ratusan candi.

      SELAMAT BERPIKIR..... Soalnya sy juga bingung ....wkwkwkwkwk....

      Hapus
    4. Tapi sayang sekali aq lebih percaya bahwa nabi sulaeman yang menguasai jin Dan setan dibanding bandung bondowoso yang hanya cerita rakyat belaka, bandung bondowoso itu cuma motos belaka, karena cuma nabi sulaeman dikaruniai Allah berupa kelebihan itu, skr cobra pikir entre lebih percaya nenek moyang stay lebih percaya Tuhan yang telah berfirman dalam AlQuran

      Hapus
  26. masak ya yakin akan hukum karma pala

    BalasHapus
  27. kita mau kemataharipun bukan suatu yg mustahil , apa siiih yng gak bisa didunia ini. allah telah memberikan kelebihan kepada manusia berupa akal dan pikiran niscahya untuk membuka segala2 apa yang ada di dunia ini . jadi jika ada yang masih mempermasalahkan hal tsb hanyalah orah yang mengangap dunia ini masih kosong tidak berusaha membuka pikiran untuk berbuat hal di dunia ini . dan kerjaannya hanyalah mengeritik. cobalah untuk bersatu untuk bangsa ini (indonesia)

    sejarah yang kita pelajari saat ini apakah anda yakin. dengan bangsa pembohong , sesungguhnya peradaban tlah diciptakan karna adanyaislam /agama yg direstui allah , dan tentunya allah bemberikan hal itu kepada orang2 ysang dipercaya, untuk menegakan agamanya .

    BalasHapus
  28. Kemungkinan ad benarnya borobudur peninggalan jmnnya nabi Sulaiman,kl diperhatiin bangunan patung budha lebih muda dr bngunan candi tersebut

    BalasHapus
  29. Peninggalan2 sejarah masa lampau yang sudah di ketemukan/yg sudah di gali oleh para ilmuwan arkeolog, membuktikan bahwa peradaban bangsa kita lebih maju dari bangsa2 lain, pola pkir tentang ketuhanan yang di persentasikan lewat bangunan2 berupa candi tw semcmnya membuktkan betapa hebat tingkat seni yang di miliki nenek moyang bngsa indonesia, yang di mata dunia indonesia adlah bngsa yang tertinggal peradabpannya, mereka sbnarnya iri, dan banyak mencuri peninggaln sejarah dari kita, jika Borobudur memng sbuah peningglan dari nabi sulaiman atw bukan saya sbgai orang indonesia ttp bangga, dan msalah bgaimana pembangunan, terkait/tdk terkait dgn nabi sulaiman, taw peningglan dari kerajaan hindu/budha, kita sbgai putra2 indonesia selayaknya menggali dan menyelidiki bukti2 yang sudah ada.
    Jangan saling menyalahkan apalgi yang berbau SARA
    Bung karno sang proklamator berpesan
    Jangan sekali melupakan sejarah (jasmerah) karna akan di gilas oleh sejarah itu sendiri (bukan kampanye partai).
    Mari bersatu putra-putri indonesia.. Wassallam.

    BalasHapus
  30. udah gan daripada ribut melulu soal begituan mendingan kita mikir aja bagaimana kita bekerja untuk masa depan kita....biarlah semua riset atau tesis tentang borobudur berjalan dengan seiring waktu dan biarlah sejarah yang tahu...karena kita tahu banyak sejarah yang telah di putar balikan oleh tangan manusia ..jadi kalau benar ya milik sejarah kalau salah ya milik sejarah...biaralah sejrah yang akan membuktikan.....maaf numpang tenar gan.....

    BalasHapus
  31. mampir ngguyu ah, wong genah patung budha di kira nabi sulaiman, mencen dunia dah dekat hari kiyamat. Poro pemimpin pdo keblinger dandang diunekke kunthul kuntul di unekke dandang.

    BalasHapus
  32. Thanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............




    bisnistiket.co.id

    BalasHapus
  33. Usia candi borobudur lebih tua dari piramida di mesir

    BalasHapus
  34. yang posting n yg coment semua nya goblog, yang baca comentan gua jg goblog..wkwkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  35. Yg jelas bangunan sperti candi bukanlah buatan tangan manusia , karna manusia yg hidup di zaman kerajaan belum mengenal cara peleburan , sdangkan batu sekeras itu mustahil bisa di bentuk tanpa peleburan , jd menurut saya itu semua dikerjakan oleh ribuan JIN , krna pada zaman dulu , raja2 mempunyai kelebihan dpat memerintah JIN bukan zaman sekarang banyak org yg malah di perintah oleh jin

    BalasHapus
  36. pertanyaan, Siapa yg membangun Candi Borobudur ?
    Kapan Pembuataanya ?
    Jika ada keterkaitannya dengan Nabi Sulaiman maka pembuatannya sekitar 9000 tahun sebelum masehi.

    BalasHapus
  37. · Puncak Borobudur dengan satu Stupa besar, disekelilingnya terdapat relief yang menggambarkan ceritera yang bersesuaian dengan Surat ke 1 (satu) di Al-quran. (Menurut Tinjauan Religius) dalam artikel ini.
    Seorang kristen pernah cerita ke saya bahwa setelah restorasi Van Erp Stupa utama memiliki menara dengan chattra (payung) susun tiga yang menurut mereka adalah lambang trinitas (bapa, anak, roh kudus) di atas Ke-Esaan ketuhanaan mereka. Artinya semua berhak menafsirkan sesuai dengan kepetingannya masing-masing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin dulu borobudur itu hotel ya gan.. (hotel transparan)
      karena dibangun tinggi dan banyak menggunakan anak tangga. jaman dulu lift belom masuk indonesia.

      Hapus
    2. Borobudur itu monumen, bukan hotel, istana atau tempat pemujaan

      Hapus
  38. selamat pagi saudaraku sekalian..., saya minta tolong jangan saling berdebat apa lagi saling mengolok. bangsa kita sudah cukup terkenal sebagai bangsa yang mudah tercerai berai.., mari kita sama sama berfikir dan merasakan asal usul kita...kita keturunan bangsa yang kuat namun kita mudah DIADU DOMBA. beranjaklah tersadar jika kita ingin mengukir SEJARAH....

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu dulu sebelum bangsa indonesia mengenal BBM
      sekarang bangsa indonesia sudah bersatu tinggal broadcast aja beres

      Hapus
  39. awAl.a mnarik n kya mo bner...stelah liat k bwah lgi kok..agak miss link gtu...d sebutkn bhwa cndi brobudur tu buatan jin..tpi ktika pmbhasan mngenai pndekatn ke empat..d situ miss link nya yg bkin ragu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalahnya ente gk pernah baca Alquran

      Hapus
  40. Ini post Bener kok, candi borobudur memang buatan nabi sulaiman.. jadi pada saat itu nabi sulaiman membangun borobudur untuk ratu bilqis agar dia mau masuk kedalam ajaran islam.. coba kalian perhatikan candi borobudur candi mendut dan candi pawon itu berdiri di satu jalur, dan apabila dilihat secara geologis seperti pada halnya gerhana matahari, candi borobudur sebagai matahari karna terbesar, candi mendut bulan dan pawon itu bumi.. knapa pawon itu bumi? Pawon itu berarti dapur yang mana artinya tempat berkumpulnya para manusia.. indonesia itu berarti induk manusia dan pulau jawa itu jahidun wahidun, artinya tempat tertua.. mm.. coba deh kalian yang comment ngga berpendidikan jagalah comment kalian, jangan sok tahu gitu.. kalo comment kasih bukti juga ya!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rahayu..
      mbak Rani Yulia
      saya bangga karena lahir dipulau jawa, tepatnya jawa tengah semarang. ada yang mengatakan pulau jawa adalah negara astina. banyak candi, petilasan dan sendang peninggalan cerita pewayangan. sedangkan di india sendiri tidak ada petilasan, sendang. hanya candi yang mereka bangun sendiri.

      Hapus
  41. Borobudur sebagai matahari dan berhubungan dengan ratu bilqis karena pada zaman nabi sulaiman itu ratu bilqis penyembah matahari :)

    BalasHapus
  42. apakah borobudur itu istana? setahu saya yang dipindahkan dalam sekejap itu istana, dan borobudur itu tidak menyerupai istana samasekali, dan didalamnya borobudur adalah tanah padat,.. CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Istana nya udah dipindahkan ke jakarta. dan harta karun sudah aman ditaruh di atas monas.

      Hapus
  43. meskipun aq kurang paham tapi aq cenderung menerima uraian mb rani yulia n pak fahmy.
    Aq tinggal d mojokerto yg dulunya pusat dari kerajaan mojopahit, kerajaan terbesar d asia abad 14.
    suatu ketika kami sekeluarga wisata ke jogja (Borobudur), ketika kami photo2 ada wisatawan asing (dari german) bertanya aq dari mana. Maka dengan bangga aq cerita tentang mojokerto, tentang kehebatan mojopahit dan aq ceritakan pula bahwa d mojokerto terdapat banyak sekali candi2 peninggalan kerajaan mojopahit. Dan betapa aq ga bisa berkata apa2 ketika wisatawan asing itu mengatakan "berarti di sana candi2nya lebih hebat dari borobudur ya ? ini aja bukan kerajaan besar, peninggalanya sudah begini hebat. Apalagi majapahit yg merupakan kerajaan terbesar di ASIA?...terus ini abad ke 8 dan majapahit abad ke 14, pasti lebih besar lagi ?"
    sejak saat itu aq banyak pertanyaan yg muncul dalam pikiran q. Kadang aq mengira....apakah salah satu bukit yg ada d wilayah mojokerto itu adalah candi yg sudah tertimbut tanah dan d tumbuhi pohon2 besar (spt cerita the great bear) he..he..
    belum lagi pertanyaan2 itu terjawab bpk bupati kami (mustafa kamal pasha) akan menjadikan kawasan trowulan sebagai pabrik baja....
    aq cuma berharap mudah2 komisi X DPR RI bisa menggagalkan rencana gila bpk bupati ini ...Aaamiin...

    BalasHapus
  44. Lagi pengen tau banyak tentang cerita Borobudur dan nabi Sulaiman...kemaren adek cerita²...dan mau gak mau itu nyambung...lets find the other story...makasih sharenya min...

    BalasHapus
  45. Ada yang umum di jawa yaitu" tembung gatuk" utak-atik petuk. Kalw bismilah bermakna " bisa milah2, klw angka2 di temukan tsb bisa jadi penelitian itu brdasarkan antropologi agama, sejarah adalah pecahan kaca pecah yg tercecer kemana mana' karena bagaimanapun juga pengetahuan masa lalu juga dibentuk atas rezim penguasa. Peninggalan syailendra ataupun ratu negeri saba semua bisa terjadi

    BalasHapus
  46. kalian gak percaya..? bakri aja percaya tuh dia nyari harta nabi sulaiman dapat lumpur lapindo. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bakri nyari dimagelang dapat gethuk lin.. enak dimakan :D

      Hapus
  47. saluut pak fb paruh waktunya untuk penelitian ,lo pada kalo mbantah ilmu dengan ilmu jngan peke dengkul kalo nggak mampu meneliti mendingan nyengir..

    BalasHapus
  48. Ya gw rasa pemahaman sekarang gk masuk akal banget kalo dikatakan bahwa Kerajaan Sulaeman ada di Palestina dan Ratu Balqis di Yaman

    apalagi kalo dikaitkan dengan cerita Nabi Sulaeman yang berkirim surat ke Ratu Saba melalui burung hud hud sebagai kurirnya

    jarak Palestina ---- Yaman sekitar 2000 km
    Sekarang coba pikir!
    Mungkin gk, seekor burung terbang dalam jarak ribuan kilo? apalagi kalo bolak balik Palestina - Yaman & Yaman Palestina

    Mau sampai kapan? keburu si burung kelelahan sayapnya gk kuat mati dijalan kali yang ada & suratnya bisa jadi gak sampe Ke Saba
    (kalo nyuruh superman sih gw percaya)

    Terus Nabi Sulaeman mau nunggu kabar si burung sampe kapan?
    Berbulan-bulankah nungguin burung hud hud gk nyampe nyampe? mengingat jaraknya sekitar 2000 km kalo bolak balik si burung harus menempuh jarak 4000 km-keburu mampus burungnya mati kelelahan
    Dibandingkan
    Borobudur --- Ratu Boko jaraknya 36 Km itu baru masuk akal untuk penerbangan ideal seekor burung

    Lalu mengenai bencana yang disebabkan bendungan yang jebol
    Mampu gk sebuah bendungan Ma'arif yang jebol menghancurkan suatu negeri?
    Kalo hanya sebuah bendungan sih gak mungkin menghancurkan suatu negeri apalagi kalo dianggap bencana besar gk masuk akal banget (Kalo karena tsunami besar gw percaya)

    Kalo sebuah bendungan yang hancur ma namanya kecelakaan doank bukan bencana yang hebat dan gak masuk akal kalo itu bisa menghancurkan suatu negeri
    Gw lebih percaya dengan kehancuran negeri Atlantis yang banyak menenggelamkan daratan saat banjir besar & gw yakin itu banjir sama dengan kehancuran yang digambarkan oleh Atlantis dan bukan karena bendungan yang jebol

    terus Nabi Sulaiman bukan berasal dari Bani Israil karena Bani Israil telah dikutuk melalui lidah Nabi Daud dan Isa anak Maryam buka Surat Almaidah(5) ayat 78 jadi gk mungkin kalo Nabi Sulaeman dari Bani Israel

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy tdk setuju dgn pendapat yg meremehkan kemampuan burung hud hud bisa terbang dg jarak 2000km, sy yakin burung hud hud bisa melakukan itu semua,apa lagi burung tsb atas perintah nabi sulaiman, Mukjizat Nabi sulaimanlah yg membuat burung itu bisa terbang dg jarak sejauh itu.. jangankan 2000km atau 4000km, bahkan puluhan ribu km pun bisa di lakukanya.. tp sy juga stuju dg pendapat K.H Fahmi Basya dan hasil risetnya, karena Beliau memang orang pintar, ahli matematika, ilmunya sudah di akui di berbagai kalangan, risetnya pun tidak main main, memerlukan waktu yg sngt panjangi.. selanjutnya wallahu a'lam, dan suatu saat nanti Allah pasti akan menunjukkan mana yang benar.

      Hapus
    2. http://www.youtube.com/watch?v=79IN65xeOhg

      Hapus
    3. Gk mungkin seekor burung terbang dengan jarak 2000-4000 km bahkan burung layang2 burung yang tercepat di dunia aja gk mungkin melakukannya, nabi sulaeman juga punya perhitungan tentunya, dia menyuruh burung karena tahu jarak tempuh terbang burung, Kali ribuan kilo, nabi sulaeman bisa menyuruh jin untuk melakukannya, loe instan sih, gk pernah barca ensiklopedia burung makanya pikiran loe juga instan

      Hapus
    4. "Mukjizat sulaeman lah yang bikin burung hud-hud terbang ribuan kilo?" Waah ngawur sampeyan mas Merapi, apakah saat burung hud-hud terlambat ketika datang itu mukjizat sulaeman juga? Kan burung hud-hud baru dari saba tuh gk bilang2 sama tuan dulu ketika itu
      Jawaban sampeyan itu lho yang bikin nyleneh
      Dimana-mana jarak terbang burung gk sampe 2000-4000 bahkan 10.000 km dodol
      Baca donk ensiklopedia burung, burung hud-hud itu burung jenis apa? Jangan asal argumen ngasal pake terbang cepat karena mukjizat sulaeman segala. Gak ada tuh dalam AlQuran yang mengatakan kalo burung hud-hud terbang cepat dengan mukjizat sulaeman.
      Jangan nambah2in mas alasan sampeyan gk rasional
      Kalo seandainya jaraknya ribuan kilo, pasti nabi sulaeman bisa menyuruh jin sebagai tentaranya untuk terbang cepat daripada sekedar menyuruh burung, hal itu sudah diperhitungkan oleh nabi sulaeman
      Burung hud-hud itu sejenis burung pelatuk
      sedangkan burung yang terbangnya tercepat di dunia itu burung layang-layang
      burung layang2 aja gk bisa terbang dengan jarak 2000, 4000, sampai ratusan ribu
      kalo mikir yang rasional donk jangan mikir instan doank

      Hapus
  49. sya sngat saluut sma pak fb yg tlah brsaha mlkukan pntilian yg sngat luaar biasa dngan memakan wktu krang lbh 35 thun,,dan sya cnderung mnrimah apa yg diteliti oleh pak fb, krna slain posting diatas yg brbentuk tlsan sya jga prnah mlihat hsil pnlitiannya yg dipaparkan melalui poto2,,ketika kita btul2 mempelajari dan mensinkronkan dngan Al-quran sdkit akan msuk kal bhwa borobudur ini btul2 istanah yg dipindahkan oleh sang Kuasa pda zaman nabi sulaiman,,,di dlam Alquran mntakan bahwa,,istana itu dkelilingi hutan,dan dimpingnya trdapat buah yg pahit dll....dan tanda2 yg dipaparkan dlam Alquran itu btul2 trdapat di borobudur,,,,
    untuk kawand2pemuda pemudi bangsa trcinta kita ini,,,silahkan kalian melakukan pnelitian kcil2an dlu bru komen dsini,shingga komennya dpat membangun jngan asal komen krna komen2 yg sprti itu bsa mnimbulkan prselisihan antara Agama,,,,

    Numpaang komen,,,,,,,,,,,,

    BalasHapus
  50. sedikit tambahan untuk bahan renungan,,,
    Candi Borobudur adalah peninggalan Nabi Sulaiman As. dan Indonesia adalah negeri SABA yg diceritakan Al-qur’an dalam surat As-Saba (34). karenanya ada nama daerah Sleman di DI. Yogyakarta – Jawa Tengah yang diambil dari nama Nabi Sulaiman As.
    Di dalam Qur’an Surat As-Saba tanda-tanda daerahnya ada buah pahit, sementara disekitar candi borobudur ada buah: Mojo Pahit. bahkan sebuah kerajaan besar yang pernah jaya di pulau jawa dulu rela menamakan kerajaannya dengan nama Kerajaan Majapahit.Dimana seperti dalam Alqur’an Nabi Sulaiman menggunakan dua lembar kain dan kain yang luar adalah sutra seperti patung di candi yang terdapat lipatan sutra.Diceritakan lagi di Nabi Sulaiman sering beristirahat dan berlibur di pantai sebelah timur negeri Saba, sementara di sebelah timur Indonesia deket papua ada pulau Solomon, yang di ambil dari nama Nabi Sulaiman As.
    Di dalam Al-Qur’an surat As-Saba’ diceritakan negeri SABA telah di azab Allah karena penduduknya kufur dan tidak beriman, yaitu berupa dengan mengirim banjir besar yang menghancurkan negeri Saba’ menjadi berkeping-keping. Karenanya hanya Indonesia-lah satu-satunya negara di Dunia yang mempunyai 17.000 pulau lebih.Indonesia adalah negeri SABA yang hilang, yang oleh Plato dan para ilmuwan barat diistilahkan benua Atlantis yang hilang.Diantara Ribuan jumlah para Nabi, hanya Nabi Sulaiman As yang mempunyai nama Jawa yang berawalan “SU”, sebagaimana Suparmin, Suharto, Sukarno, Supratman, Sulistyono dll.
    Adanya angin muson di Indonesia semakin menguatkan bukti bahwa Indonesia adalah negeri Saba’.
    Wallahu ‘alam bissawaab.




    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
    2. Betul sob... Saya setuju... Hanya Nabi Sulaiman AS yg punya nama Jawa...
      Dan saya percaya akan hasil penelitian pada postingan ini... Dan menurut saya itu sah dan wajar, gak musrik juga.

      Ada tambahan satu lagi bukti sob bahwa ini benar ada hububgannya dengan Alquran,, sebagaimana berita yang baru-baru ini saya dapat bahwa didalam kitab Weda, kitab agama hindu yang isinya meramalkan kedatangan utusan atau Nabi Terakhir,, lahir dari bapak bernama Abdullah dan ibu Aminah, dan lahir di negri berpasir... Yang menuju pada Nabi Muhammad SAW,,, ini membuat semua menjadi jelas, meski Borobudur serat akan Hindu tapi tidak menutup kemungkinan Nenek moyang ajaran hindu adalah Nabi Sulaiman AS, yang sudah meramalkan kedatangan Nabi SAW,, tapi timbul pertanyaan...
      Hindu kan nyembah patung,?
      Masa sih ada hubungannya?
      Kalo menurut saya... Kenapa tidak..???
      Ajaran Nabi Isa AS saja bisa melenceng jauh dari perintah menyembah Allah malah jadi menuhankan Yesus... Jadi gak nutup kemungkinan juga agama Hindu pun agama dari Allah yang tujuan sebenarnya di perintah menyembah Allah,, sedang agama ini agama yang amat tua jadi melencengnya pun gak kalah dahsyat dari ajaran Nabi Isa AS bahkan lebih parah lagi, sebab di Injil masih ada sebutan Allah, dalam Hindu sudah hilang tak tersisa...

      Just think again...
      Semua bisa terjadi hanya dengan satu kata dari Allah "kun-faya-kun"
      Dalam Alquran sudah dijelaskan bahwa seluruh Nabi/Rasul yang diutus ke dunia semua punya tujuan sama, yaitu menegakkan ketauhidan perintah menyembah hanya kepada Allah.

      Saya menjadi lebih mantap berada dalam agama Islam yang begitu penuh bukti kebesaran Allah SWT yang sudah terkuak...

      Hapus
    3. ya Allahualam.. kita bisa sependapat... tp tanda tandanya ada.. terserah orang mau nilai apa..

      Hapus
  51. kalau mau tahu lebih lanjut,aku ngerekomendasiin satu judul buku,"Garut Kota Illuminati"..
    disitu dijelaskan juga semua tentang negara kita yang rupanya emang kota Atlantis itu,dan saya yakin sekali bahwa negara kita inilah "negri yang disebut Atlantis" itu dengan berbagai ragam budaya dan adat nya ini..
    dan sampai sekarang menurut saya kita tidak benar2 kehilangan sisa2 dari peninggalan "negri Atlantis" itu..
    dijelaskan juga pada buku tersbut bahwa memang Borobudur tersebut merupakan bangunan yang dibangun oleh tentara Sulaiman dan para jin,memang tidak masuk akal,tapi saya sangat meyakini akan adanya makhluk cipataan Allah tersebut karena jin memang lebih dahulu diciptakan dibandingkan manusia..
    dijelaskan juga bahwa sebenarnya patung2 di candi Borobudur yang dikenal sebagai patung Budha,sejatinya mrpkn patung Bidadara dlm surga yg menjadikan Nabi Sulaiman sebagai model dan berambut keriting..
    apa yang kita lihat dan rasakan sekarang,sebenarnya memang benar2 tidak dimiliki oleh negara lain,dan itu memang nyatanya...
    budaya,adat dan lain2 yang membuat iri negara lain...

    dan di dalam buku tersebut banyak sekali dijelaskan berbagai macam sejarah yang menurut saya sangat menarik dan sayang sekali utk dilewatkan..
    namun,alangkah baik nya kita dapat memfilter dan mencari dasar sesuai yang ada pada Al-Qur'an-Nya.. :)

    BalasHapus
  52. Mungkin saja yang dikatakan penulis benar, Pengetahuan terluas dan tersembunyi (Gaib) hanya ada Di sisi Alloh SWT, ilmu manusia hanya setetes air dilautan, coba perhatikan...... Di negara mana, di dunia saat ini yang masyarakatnya dapat menjalankan syiar islam dengan aman, dan islam berkembang dengan pesat, dan aman. Di arab sendiri utk menjalankan agama islam sesuai dengan kondisi seperti zaman Nabi Muhammad SAW sangat sulit, dan resikonya adalah kepala kita. Nur Islam seperti zaman Nabi Muhammad SAW ada di Indonesia, percayalah, karena itu merupakan kehendak Alloh SWT,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp, setuju.. Pendapat inilah yg paling bijak..

      Hapus
    2. Betul juga mas Merapi. saya juga setuju sma saiful akbar, saya pernah denger cermah dari Ki.Entus dalang wayang kulit yg suka berdakwah, beliau menuturkan bahwa sifat muslim jawa itu lebih mulia daripada arab, sikap orang jawa itu lebih mencerminkan alquran daripada orang arab.
      satu contoh:
      Jika ada kakek2 tua berteduh depan rumah kita saat hujan dan bajunya lepek, maka sikap tuan rumah menawarkan masuk, memberi teh hangat, dan meminjamkan baju ganti.
      Dan di arab mustahil hal seperti itu terjadi, yang ada malah bisa saja kakek2 tua tersebut diusir sambil di acungi golok.
      sikap muslim di tanah jawa(barat,tengah,timur) lebih toleran, lebih rohmatan lil alamin, lebih mencerminkan Islam sejati.

      Hapus
  53. saya kagum dengan kajian kh fahmi yang berani menyatakan suatu kelainan. Dari dulu saya terfikir kenapa tanah Jawa begitu padat penduduknya, tentu ada sejarah kenabian yang perlu disingkap. mana mungkin begitu ramai manusia disitu Allah tidak utus Nabi. Adakah nabi hanya untuk orang arab dan Yahudi sahaja. Adakah orang nusantara ditinggalkan Allah dari sudut kenabian. Saudara KH Fahmi menjawab sebahagian persoalan saya

    BalasHapus
  54. Assalamu'alaikum.

    Maaf, ingin memastikan dan mengoreksi sedikit. Saya tergelitik setelah membaca artikel ini pada bagian argumentasi kedua, ditinjau dari hubungan religius. Di atas disebutkan, bahwa stupa ditiap lantai berhubungan dengan surat spesifik di dalam Al Qur'an sesuai jumlah stupa yang ada, itu referensinya dari mana ya, Pak?
    Sepengetahuan saya, di Borobudur cuma ada 72 stupa tersebar dari lantai 3 sampai lantai 1 teratas (32, 24, 16) dengan satu yang paling besar di puncaknya jadi totalnya 73 stupa. Kalau tidak salah di bukunya, ustadz Fahmi Basya beliau menyebutkan juga 73 stupa tetapi tidak mengait2kan bahwa jumlah stupa di lantai ini spesifik dgn Qur'an nomor surat ini dst. Mohon koreksi juga bila saya salah.^^

    Ohya, Saya pemuda awam yg termasuk percaya dan mendukung penelitian pak Fahmi Basya dalam mengkaji sains, fenomena alam & sosial (di luar kajian Borobudur nya) karena berangkat dari al Qur'an, juga mengagumi sosok kepribadiannya.Terlepas benar tidaknya Borobudur peninggalan nabi Sulaiman dengan bukti ilmiah yang lebih konkrit, pada waktunya Allah yang akan menunjukkan kebenaran fakta dari setiap ciptaan-Nya. Wallahua'lam bisshawab.
    Ada salah satu ucapannya yang cukup membekas di benak saya ketika beliau mengatakan dalam salah satu seminarnya "Sejarah tidak akan memperbaiki Al-Qur'an, Al-Qur'an memperbaiki Sejarah."

    Terimakasih, salam.^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  56. bagaimanapun juga kalo Saba ada di Yaman dan Nabi Sulaeman itu ada di Palestina tetaplah tidak masuk akal

    1
    Mengenai burung hud-hud yang terlambat datang saat Nabi Sulaeman tidak mendapati burung hud-hud ada di barisannya & ketika burung hud-hud tiba2 datang dia mengatakan kalo dia baru saja dari Saba. Kalo Saba ada di Yaman dan Nabi Sulaeman di Palestina, jarak Palestina ke Yaman itu sekitar 2000 km apalagi kalo bolak balik jadi 4000 km gk mungkin dengan jarak segitu si burung lantas mengaku habis dari Saba yang letaknya di Yaman, malah bisa jadi sebelum si burung hud-hud sebelum sampai Saba yang katanya ada di Yaman kelelahan karena jarak segitu bukan jarak ideal untuk penerbangan burung, jauh amat mau berapa bulan nyampenya? apalagi di suruh kirim surat ke Saba dalam jarak ribuan kilo itu bisa2 si burung keburu mati kelelahan dan Suratnya malah yang ada gk bisa nyampe ke Saba di Yaman

    2
    Hancurnya negeri karena bendungan jebol? Gk mungkin banget, itu namanya kecelakaan bukan bencana besar
    Bom atom yang menghancurkan nagasaki dan hirosima aja gk mampu membuat jepang hancur lebur buktinya jepang saat ini maju dalam perkembangan Teknologinya, apalagi kalo cuma bendungan jebol, itu sih masih bisa diperbaiki berangsur-angsur jadi gk masuk akal kalo sebuah bendungan Ma'rib dianggap penyebab hancurnya suatu negeri di zaman Nabi Sulaeman.
    Kalo yang terjadi bencana alam yang dahsyat seperti tsunami raksasa, gunung meletus, gempa bumi yang hebat, aq baru percaya kalo itu menghancurkan suatu negeri apalagi sampai menenggelamkan daratan

    Oleh karena itu cerita Nabi Sulaeman ada di Palestina dan Yaman ini menurut aq gk masuk akal

    Apalagi kalo dikisahkan Nabi hanya hidup diseputar jazirah arab doank, itu lebih tidak masuk akal lagi

    Allah tidak mungkin berpaling dari umatnya yang lain dan Allah tidak mungkin hanya ngurusin bangsa arab mulu sementara di belahan bumi yang lain diabaikannya dengan tidak menurunkan utusan satu pun, gk mungkin banget

    Aq yakin Allah pasti sudah menurunkan utusan di segala penjuru bumi untuk memperkenalkan diriNya kepada umatnya agar umatnya tidak lupa terhadap penciptanya & yang terjadi adalah banyak umatnya yang ingkar dan melampaui batas. Itulah yang terjadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut saya sih bisa iya dan bisa tidak. semua ada kaitannya dengan isi didalam Al-Quran. coba baca juga tentang kerajaan islam pertama di indonesia(samudra pasai) trus benua atlantis yang hilang, dan peradaban didunia sebelum masuknya islam

      Hapus
  57. selamat buat pak Fahmi Basya, hasil penelitiannya, smoga banyak kebaikkannya, kendatipun dimata manusia itu tidak benar,bagi Allah mendapat nilai yang besar, umpamanya kendatipun itu salah, tetapi bagi Allah kesungguhannya yang dinilai dan dihargai Allah.pak Fahmi telah berbuat sesuay dengan kemampuannya, sedangkan yang lain belum meneliti, sudah menolak Allah Maha tahu apa yang diperbuat pak Pahmi, memang kebanyakan manusia tidak pandai bersyukur (tdk menghargai) orang lain mendapat karunia nikmat pas sessuai ayat 140 surat 3( bila orang lain mendapat nikmat susah hatinya, jika orang lain merasa kesulitan maka bergembira hatinya)

    BalasHapus
  58. Jika AlQuran yang berbicara pasti benar, apalagi dengan fakta penelitian pembuktiannya, jika kita mengatakan Ya, kelak ada petunjuk lain dari Allah AlHaqnya akan diberikan kepada kita, dan jika mengatakan Tidak, maka akan tetap gelap mata hati kita, bahkan tambah gelap kendatipun didepannya ada cahaya yang menerangi, karena kita meninggalkan cahaya itu(S.2:17) bukan percaya atau tidaknya dimata Allah, tapi penilaiannya pada penghangaan thp orang lain mendapat nikmat, hingga hati kita mendapat kedamaian, hingga terhindar dari penyakit hati , hingga ada tambahan kebaikan disisi Allah swt, maka berkuranglah keburukan kita maka rahmat pengampunan mengiringinya, amin... tak ada yang tidak mungkin jika Allah menghendakinya.

    BalasHapus
  59. Jawa artinya Ilmu, jadi memang di Jawa gudangnya Ilmu, jadi Uthlubul `Ilma walau bishshiin artinya belajarlalah ditempat gudangnya ilmu(jawa) jawa dalam arti sansekerta berarti beras, memang tempat yang paling subur suatu negeri penuh dengan Ratna Mutu Manikam, gemah rifah loh jinawi, itulah negeri yang disebutkan Allah dalam AlQuran negeri Saba dengan Saba Balkis (Boko)dalam bahasa jawa kuno,bisa jadi diJawapun gudangnya penyembahan berhala, hingga Allah swt mengapa mengutus para utusannya dengan sebutan Wali Sanga ( 9 orang sholeh yang mendapat pertolongan Allah), ditanah jawa ini ? tentu ada sebab-sebabnya. Allahu waliyyul ladziina aamanuu yukhrijuhum minazhulumaati ilannuur (S.2:257) bahkan Indonesia disebut Atlantik oleh ahli geografi karena dengan kesuburan tanahnya, persis yang disebut dalam AlQuran dengan surat Saba ini.

    BalasHapus
  60. Saya geli membaca banyak komentar terhadap tulisan ini yang nyata sekali dikeluarkan oleh orang-orang yang TIDAK MENGERTI KALAU DIRINYA TIDAK TAHU alias BODOH.

    Saya baru membaca sebagian buku "BOROBUDUR & PENINGGALAN NABI SULAIMAN yang kami dapati secara tidak sengaja di sebuah toko buku terkemuka di Jakarta.

    Saya anjurkan kepada mereka yang TIDAK PERCAYA, khususnya yang ngaku Islam atau Muslim, agar membeli dulu buku ini atau setidaknya membaca buku ini, lalu merenungkna isinya dengan otak yang di berikan oleh Allah SWT, Rabb kita, dan cobalah membantah isinya dan berkomentar yang sama ilmiahnya dengan kajian KH Fahmi Basya ini.

    Kalau beliau orang Jawa, mungkin saya ada sedikit kecurigaan, tapi ybs adalah orang Kalimantan, jadi saya menaruh hormat yang besar atas hasil riset ilmiahnya ini.

    Bahkan saya anjurkan agar perguruan tinggi islam di Indonesia beramai-ramai meneliti dan menguji kebenaran karya ilmiah ini dan kalau setuju bahwa kajian KH Fahmi Basya ini adalah benar, setidaknya memberikan gelar Doktor HONORIS CAUSA kepada beliau.

    Hayo IAIN yang sekarang lebih suka jadi universitas, kapan kalian akan menunjukkan jati diri sebagai menara ilmu agama islam ?

    Saya juga heran, mengapa MUI juga tidak mempelopori kajian atau ujian terhadap karya ilmiah ini dan lebih suka mengurusi dan berebut hak menentukan halal dan haramnya sesuatu, melawan pemerintah cq Kementrian Agama, yang cenderung di nilai orang banyak hanya ingin mengumpulkan uang dari proses sertifikasi halal haram ini ?

    Nah setelah sama-sama membaca tulisan lengkap dari KH Fahmi Basya ini barulah kita bersama berdebat atau tukar pikiran tentang kebenaran karya ilmiah beliau ini.

    Subhanallah, semoga Allah SWT membukakan mata hati orang-orang yang diinginkannya agar termasuk kelompok pemula yang menerima hal-hal yang benar dari Allah SWT secara baik dan sehat.

    Salam hormat saya sampaikan kepada KH Fahmi Basya yang telah menghabiskan sebagian besar umur dan waktunya untuk meneliti hal yang dianggap oleh banyak orang mustahil ini. Semoga Allah SWT jualan yang akan membalas amal ibadah anda yang sangat mencerahkan ini, Aamiin, Ya Rabbil Alamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin broo.... orang yang gak tau apa2 memang malas membaca. surat al-qur'an yang pertama kali di tutunkan sama ALLAH SWT aja menganjurkan kita untuk membaca -

      "Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (Al-‘Alaq: 1-5)"

      Hapus
  61. Kalimat terakhir seharusnya ditulis Sebagai berikut :

    Semoga Allah SWT juga lah yang akan membalas Amal Ibadah anda yang sangat mencerahkan ini, Aamiin, Ya Rabbil Alamin.

    BalasHapus
  62. THEODOLITE MODERN, GEODESI BANGET. "...ketelitian lingkaran yang ada di borobudur lebih kecil toleransi ukurnya dibandingkan dengan Theodolit modern.". mhn maap hanya sedikit koreksi untuk penulis, seluruh thedolite dibuat sangat presisi 360° lingkar sudut,baik berupa theodolite jadul sampai y modern sama lingkar sudutnya 360°.adapun syarat mendirikan alat ukur tersebut (tidak asalasalan) ada aturan nya dapat kawan cari sendiri digoogle: dasar ilmukurtanah geodesi. kesalahan yang dapat terjadi dari beragam faktor diantarannya tidak mengikuti syarat mendirikan Theodolite/tidak menguasai pengoprsian alat tersebut. untuk bapak FB teruslah berkarya..

    BalasHapus
  63. Assalamualaikum..,.Seperti biasa, suatu kebenaran akan mendapat penolakan. Tapi saya yakin, penilitian ilmiah yang dilakukan oleh K H FAHMI BASYA, akan mengubah sejarah suatu kekak. Kalau tidak sekarang setidaknya 100 tahun lagi. Ahli ahli sekarang masih gengsi mengakuinya, tapi yakinlah sejarah ini, akan berlaku setidaknya anak cycu generasi 7 nanti.
    Masih ingat sejarah G 30 S PKI, yg telah menipu kita.
    Setelah orde baru runtuh, ternyata sejarah mata pelajaran wajib SD dan SMP, yaitu pembrontakan G30 S PKI ternyata bohong belaka. Krn bikinan penguasa rezim Orde Baru.
    Dan sejarah Borobudur dan Budha atw Hindu, juga sama buatan arkeolog Belanda.
    Sekarang apakah kita oercaya sejarah buatan Belanda atau peneliti dari bangsa sendiri berdasarkan Alquranul karim dan fakta.
    Teruslah berjuang pak Fahmi, karena anak cucu kita butuh kebenaran.

    BalasHapus
  64. Dan perlu di ingat, sejarah akan berlaku suatu kelak, bukan sekarang.

    BalasHapus
  65. Gak koment.tak beli buku dulu

    BalasHapus
  66. bisa jadi sejarah yang kita pelajari selama inilah yang mengada-ngada

    hal yg mustahil dan bertentangan dg fakta yang ada adalah FAKTA yang sebenarnya

    BalasHapus
  67. Ane setuju sama Penelitian yang di jalanin selama 35thn sama KH. Fahmi Basya, ane pernah ngobrol 4mata sama ustadz ini. tp yang ane bahas tentang doa nabi sulaiman - yang dia minta brikannlah aku (keuasaan apa kerajaan gitu- ane lupa) yang tak pantas untuk manusia setelahku. dan beliau di suruh sering baca asmaul husna.

    yg jadi pikiran ane ya bro - pada jamannya nabi sulaiman, penyembahan berhala dan aurat pastinya wajib untuk di ttp. tp knapa ada beberapa relief ada yang menonjolkan aurat?? tp bakal ane tanya sama ustadz suatu saat nanti kalo di kasih kesempatan bertemu sama ALLAH,

    BalasHapus
  68. semua jawaban ada di AL-QURAN sebagai pedoman hidup kalau.kalau kalian orang islam pasti percaya isi dari AL-QURAN tersebut. wasalam

    BalasHapus
  69. Tuhan menurunkan nabinya di negeri yg di huni oleh orang2 yg rusak "berarti negara kita negara yg paling rusak......?"
    Yg mengenalkan islam dijawa adalah para wali, mereka datang dengan cara berdagang, menggunakan kapal2 besar untuk sampai dijawa. Kebanyakan para wali berdarah arab/keturunan arab.

    BalasHapus