Social Icons

Senin, 10 Juni 2013

Ramadhanku di Negeri Orang

Gemuruh ombak, nyanyian burung-burung kecil terdengar begitu indah ditelinga menyambut telinga dan mata ketika mulai terbuka.
Tiada terasa sudah sekian lama raga ini meninggalkan kampung halaman yang telah membesarkan dan mendidik tentang arti kehidupan ini.
Sebuah kata yang disampaikan oleh orang tua sebelum melepas kepergianku "JADILAH ORANG YANG PRAYITNO" seseorang yang bisa menempatkan diri pada tempatnya, jangan pernah merepotkan orang lain, rendah hatilah.


Marhaban Ya Ramadhan, Marhaban Ya Maghfirah
Sahur..sahurr...sahur, itulah yang sering aku dengar ketika waktu sahur datang di bulan ramadhan, dan kebiasaan Remaja Masjid di kampung halamanku saling berebut ketika mengucapkan kalimat itu. Rindu untuk bersama-sama tidur di lingkungan masjid pun teringat di benak pikiranku, seandainya Flores-Jogja bisa ditempuh dalam waktu sehari dengan biaya yang tidak terlalu mahal pastinya ingin rasanya bersama-sama mereka bercanda ria dengan teman-teman di kampung halamnku.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa. (QS. Al-Baqarah : 183)

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآَنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Krena itu, barang siapa diantara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah…" (QS. Al-Baqarah : 185)

Semoga di tahun ini Allah memberikan kekuatan kepada kita untuk bisa menjalankan puasa Ramadhan 1 bulan penuh.


Sampaikan Amal Jariyah saudara-saudara ke Pondok Pesantren Asy-syifa' Muhammadiyah Bambanglipuro Bantul.

29 hari menuju Bulan suci Ramadhan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar